Yuk Praktekan level pertama dari ke 7 life mastery

Life Mastery Level pertama

 

OLAHRAGA ATAU OLAH TUBUH ITU PENTING

Karena tubuh yang dibiarkan tak bergerak akan menjadi sasaran penyakit dengan semakin banyaknya lemak yang menumpuk, semakin kakuknya otot dan semakin rapuhnya tulang.

Semua orang tahu kalau olahraga itu penting. Tapi hanya sedikit yang bisa memotivasi dirinya untuk terus melakukan olahraga di sela-sela waktu luangnya yang sedikit. Mengapa banyak orang yang malas olahraga?

Karena orang modern lebih suka menghabiskan waktunya dengan duduk, makan, ngobrol, chatting, browsing internet, daripada bermandikan peluh di gym, berkeringat di track jogging, kepanasan di Jalanan jalan kaki, ataupun di rumah melakukan yoga.

Gaya hidup yang kurang gerak, kemana-mana naik kendaraan, ogah jalan kaki belum lagi porsi makanan yang makin lama makin besar, membuat obesitas (kegemukan) menjadi masalah.

Karena gemuk itu berisiko mendapat penyakit.
Darah tinggi, kolesterol, diabetes, asam urat, jantung bahkan pengeroposan tulang akibat bobot tubuh yang berlebih menjadi ancaman yang mengintai kita.

Selain menyiasati pola makan, olahraga juga menjadi pilihan untuk menurunkan, menaikan berat badan dan meningkatkan kualitas hidup.

Masalahnya bagaimana cara dan membuat diri selalu termotivasi untuk olahraga?

Ada 7 hal yang bisa lakukan agar terus terjaga motivasi kita

1. Tetapkan Goal/Tujuan yang masuk akal

Agar motivasi berolahraga Anda tidak kendur, silakan tetapkan goal awal. Misalnya, Anda ingin turun/naik berat badan sebanyak 10 kg dan menargetkan hal itu terlaksana dalam waktu 2 bulan.

Perlu diperhatikan, menurut Gerald Endress, seorang psikolog olahraga di Duke Center for Living di Carolina Utara, pemula biasanya ingin hasil instan maksimal. Akan tetapi mereka cenderung kewalahan karena memaksakan diri untuk berolahraga selama 1 hingga 2 jam per hari.

Disarankan untuk membuat tujuan yang lebih masuk akal dan terjangkau oleh kemampuan kita, seperti berolahraga 2 sampai 3 kali seminggu selama 20 – 30 menit. Anda juga bisa memberi waktu yang masuk akal pada diri Anda, selama 3 sampai 4 bulan, untuk turun 10 kg dan berat badan tetap sehat.

2. Bikin catatan olahraga

Agar motivasi untuk berolahraga Anda tidak kendur, coba buat catatan olahraga. Bisa dibuat dalam bentuk jurnal online atau di buku catatan.Anda bisa menuliskan kemajuan berapa banyak Anda melakukan sit up, berapa centimeter lingkar pinggang yang menyusut, atau bahkan berapa kilogram berat badan hilang dalam jangka waktu tertentu. Ini akan memotivasi Anda untuk terus berolahraga.

3. Fokus pada diri sendiri

Saat olahraga, akan selalu ada orang lain yang lebih bugar atau lebih cepat turun berat badannya. Endress mengatakan bahwa agar motivasi olahraga Anda tidak menurun, Jangan bandingkan diri Anda dengan mereka.. Jangan biarkan mereka menghalangi Anda dari tujuan Anda. Fokus pada tujuan, kemajuan dan yang pasti diri Anda sendiri.

4. Bagun kebiasaan dan Minta dukungan orang sekitar

Agar motivasi olahraga tetap tinggi, carilah teman, keluarga, pasangan, rekan kerja, yang akan menyemangati Anda untuk terus maju. Minta mereka untuk terus mendukung hidup sehat Anda. Paksa diri Anda untuk melakukan suatu olahraga hanya selama 7 menit saja. Ini bisa menjadi suatu acuan olahraga kecil yang akan membawa dampak besar hasilnya bila dilakukan rutin. Setelah selesai, tanya pada diri sendiri, apakah masih mau lanjut? Jika tidak, Anda dapat melakukan beberapa sesi latihan kecil lainnya sepanjang hari, dibandingkan harus satu kali latihan berdurasi panjang.

5. Lakukan olahraga yang menyenangkan

Motivasi olahraga bisa luntur apabila Anda bosan dengan latihan yang Anda lakukan. Untuk mengakalinya, coba cari latihan yang menyenangkan, tidak melulu harus jogging sendirian atau angkat beban di gym. Coba olahraga seperti yoga, Badminton atau sepakbola untuk menghilangkan rasa jenuh. Olahraga bersama tim atau teman-teman bisa meningkatkan motivasi olahraga.

#olahraga #jalankaki

6. Tidak harus punya trainer

Untuk mengakalinya agar bisa tetap olahraga dengan benar, gunakan video latihan di YouTube atau aplikasi di handphone dari rumah saja.  Anda tetap bisa membakar kalori dan berolahraga rutin meskipun tidak memiliki ide gerakan yang harus dilakukan.

7. Rewarding diri saat goal tercapai

Bila target olahraga Anda hampir terpenuhi atau malah berhasil tercapai, beri hadiah atas keberhasilan Anda ini. Pikirkan hadiah apa yang bisa Anda berikan ke diri sendiri sebagai motivasi olahraga. Pilih hadiah seperti baju baru, pijat, lagu baru, video games, Jalan-jalan apapun yang Anda ingin nikmati.

Sehatkan indonesia
Yuk Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *