Mindset Dan Mental Orang Sukses

CEO Agung Podomoro group

Anak muda hindari penderitaan dengan cara bekerja dan belajar.

“Ingin kaya tapi tanpa bekerja, ingin pintar tapi tanpa belajar”, itu ciri orang2 yg punya banyak benih2 penderitaan di dalam dirinya. Akibatnya, ke mana2 jiwa seperti ini menemukan hawa panas neraka. Sebelum jiwa betul2 terbakar.

mari mengenal hukum alam. Kalau menyentuh air maka tangan basah. Kalau memegang bunga, tangannya wangi. Dg cara yg sama, kaya adl bunganya kerja. Pintar itu adl buahnya ketekunan utk selalu belajar. Ingat jiwa2 yg indah.

hidup Anda mungkin berbeda kalau Anda melakukan hal2 yg juga berbeda

dibawah ini saya rangkumkan

Mindset orang kaya VS Orang gagal

tapi pastikan anda tidak tersinggung dan merasa terintimidasi, karena tulisan ini adalah cara berpikir orang orang sukses dan meliader. bisa jadi anda tidak terbiasa menggunakan cara berpikir ini dan tidak sama dengan anda.

Terinspirasi dari buku the secret of milioner mind

  1. Saya bertanggung jawab terhadap diri saya, ” if it to be its up to me” orang gagal selalu menyalahkan orang lain, situasi lain dan lingkunganya. contoh orang sukses saat menghadapi kegagalanya, mereka akan berkata saya yang bertanggung jawab atas kegagalan ini, kalau kali ini saya mengalami kebangrutan saya yang bertanggung jawab dan saya akan coba lagi dengan cara yang lain. klo orang gagal selalu menyalakan orang lain, menyalahkan atasanya, menyalahkan situasinya, menyalahkan subpliernya, menyalahkan kariawanya dan bahkan menyalahkan tuhanya. nah.. anda pilih mau bermindset yang mana? orang sukses bahkan menyalahkan dirinya atas kesalahan orang lain, karena dia percaya dengan kesalahan itu dia bisa bercermin dan meningkatkan diri dibanding orang lain. ingat dengan Michael Jordan saat teamnya kalah dia tidak menyalahkan teamnya, dia berkata “this is my fault. because i am the capten“.
  2. Orang kaya memegang dan mengendalikan kondisi keuangannya, orang gagal uangnya yang mengendalikan kondisikannya. orang kaya selalu tau bagaimana uangnya bekerja untuk dirinya, bukan berarti mereka tidak pernah memiliki kondisi kekurangan uang, tapi mereka terus mencari cara untuk membangun asetnya semakin kaya dan lebih kaya lagi. orang gagal selalu mencari dan bekerja untuk uang bahkan berkutat di hutang bahkan dengan mindset yg salah terus jadi bablas miskin.
  3. Orang kaya berkomitment unutk jadi orang kaya, orang miskin hanya ingin jadi kaya. hal ini sangat berbeda, berkomitment harus mau membayar harga, mau ngak bagun lebih pagi, mau ngak tidur lebih malam? melakukan sesuatu yang berbeda, saat teman2 seusia anda bermain game, melakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan masa depanya, tapi anda memilih untuk melakukan sesuatu yang berbeda, belajar terus, berdagang, usaha atau Berbisnis apapun.
  4. Orang sukses berpikir pasti sukses, mencari cara, selalu optimis, menemukan masalah mengangapnya sebagi peluang baru yang perlu dipikirkan agar bisa menghasilkan uang.orang gagal selalu sempit, menemukan masalah langsung pesimis.
  5. Orang sukses selalu mencari jalan atau solusi, orang gagal selalu cari alasan. Yg paling sering mereka memyampaikan alasan Lupa, sibuk dan tidak punya waktu.
  6. Orang sukses selalu mengagumi kesuksesan orang lain, orang gagal memandang sebelah mata kesuksesan orang lain. bagaimana anda melihatnya? oo iya.. dia memang orang tuanya sudah sukses dari dulu, oo iya dia orangnya pintar, oo iya dia orangnya tinggi, oo iya dia sukses karena banyak dibantu orang lain. sukses tidak ada kaitanya dengan hal itu, karena orang sukses mereka belajar bagaimana orang yang sudah sukses bisa sukses dan berhasil. mereka mempelajari kiat-kiatnya, mereka mempelajari cara berpikirnya, mereka mempelajari prilakunya, mereka mempelajari apa yang di pelajari, bahkah mereka melakukan apa yang harus dilakukan setiap hari.
  7. Orang sukses selalu berkumpul dengan komunitas orang sukses, sedangkan orang gagal mereka juga punya komunitas. pemabuk kumpulnya dengan pemabuk, penggosip selalu kumpul dengan penggosip. orang gagal, ceritanya isinya keluhan, komplin kehidupan, kesedihan, membicarakan dan menyalahkan orang yang tidak sedang berada didepanya.
  8. Orang sukses selalu tau caranya mempromosikan dan berjualan, bahkah tau mengelolah sampah jadi uang, orang gagal bisanya membuat dan membuang sampah bahkan membuangnya dijalan bukan ditong sampah. ala…. saya ngk pandai, saya ngk bisa berbicara, saya ngk tau berjualan saya takut ditolak dll.
  9. Orang sukses selalu berpikir lebih besar dari masalah, mereka berpikir yess.. peluang apa yang bisa saya ciptakan. orang gagal selalu berpikir lebih kecil dari masalah, mereka akan berbicara nasib.. nasib masalah lagi, masalah lagi, kenapa saya selalu tertipa kemalangan, kesedihan dll
  10. Orang sukses bisa menerima masukan orang lain karena mereka pendengar yang baik, ketika mereka dikritik mereka akan senang sekali menerima untuk membangun dirinya. orang gagal selalu berpikir ini tidak mungkin, dikasi peluang, aah ini MLM, aah ini asuransi.. aah ini itu apalah. pertanyaannya apakah ada yang salah dengan itu semua. coba lihat anda ngk orang sukses lewat semua itu?
  11. Orang sukses dibayar berdasarkan omset perusahaan, orang gagal dibayar berdasarkan waktu yang mereka tukarkan.
  12. Orang sukses selalu berpikir WIN WIN, kamu untung saya untung, kita bisa bekerjasama jangka panjang. orang gagal berpikir WIN LOST, apa yang bisa saya dapat dari anda. Please…jangan berpikir untungnya saja, klo anda dipercaya orang lain orang lainpun akan senang bekerjasama dengan anda. jangan hanya berpikir bagaimana cara memperkaya diri. itu cara orang gagal berpikir.
  13. Orang sukses membangun aset sehingga asetnya yang menghasilkan uang, orang gagal fokus terus bekerja untuk mendapatkan gajih dan pengasilan lebih. bahkan bekerja seumur hidupnya berharap mendapat pesangon, uang pensiun dll.
  14. Orang sukses selalu bisa menyimpan uang yang didapat, sedangkan orang gagal selalu menghabiskan uangnya. ini sangat perlu di perhatikan, beberapa orang gagal akan senang sekali saat gajian tapi tanggal masih diminggu pertama semua uangnya sudah habis. berarti uang yang masuk cuman transit, habis bayar ini bayar itu, habis semua. orang kaya akan selalu min 10%nya melakukan aset alokasi untuk membangun aset, tiba saatnya nanti asetnya itu yang menghasilkan uang.
  15. Orang sukses bisa mengatasi ketakutan, orang gagal selalu dikalahkan oleh rasa takut.
  16. Orang sukses selalu haus dengan ilmu, orang gagal selalu berpikir aahh.. saya sudah tau anda siapa jangan banyak omong, ahh itu cerita lama gampang ngomongnya, aahh.. saya udah tau segalanya tentang ini.

Anda orang type yang mana? mindset ini perlu anda baca berkali kali sehingga bisa mendobrak mindset lama anda. apalagi saat anda mengalami masalah, tantangan dan rasa takut, sangat perlu membaca dan memahami mindset-mindset orang kaya yang tangguh.

Selamat memulai mindset baru anda dan salam sukses luar biasa.

Jayeng Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *