BAGAIMANA MEMULAI BISNIS/USAHA

Pernahkah Anda bertanya bagaimana cara mengawali sebuah usaha?

Pertanyaan ini terlihat sederhana, tetapi banyak orang sampai detik ini bingung menentukan usaha apa yang akan dijalankan.

Sebenarnya, cara mengawali sebuah usaha sangat sederhana. Yang pertama, Anda harus memastikan bahwa usaha Anda bisa memenuhi kebutuhan orang. Disekitar kita, misalnya, banyak orang yang butuh sandang, maka Anda bisa memilih untuk berbisnis busana. Ketika banyak orang butuh pakaian, Anda bisa memulai membuka bisnis baju. Ketika banyak orang membutuhkan seragam kantor (kaos/baju), maka bisnis seragam kaos/baju bisa dijadikan salah satu alternatif usaha. Ketika Anda tinggal di lingkungan kampus, misalnya, banyak mahasiswa yang membutuhkan makanan, maka warung makan bisa menjadi salah satu bisnis. Contoh lain, perumahan misalnya, siapa yang tidak membutuhkan tempat tinggal? Banyak orang membutuhkan tempat tinggal, bisa berupa perumahan atau kos kosan, dsb.

Ketika banyak orang butuh kendaraan, sementara mereka tidak mau membeli, tidak mau terbebani dengan biaya perawatan, biaya servis, pajak, dsb, mereka bisa sewa mobil atau motor. Demikian juga ketika orang banyak butuh pendidikan, maka bisnis pendidikan pun menjamur dimana-mana.

Jadi coba lihat disekitar Anda, temukan kebutuhan orang-orang disekitar Anda dan cobalah Anda penuhi kebutuhan itu.

Yang kedua, pastikan bisnis yang Anda jalankan memberikan solusi kepada konsumen.

Saya mempunyai teman yang berbisnis statistik. Statistik adalah ilmu yang tidak semua orang mampu menguasainya, maka teman saya menyediakan solusinya, bagaimana orang tanpa harus paham statistik, tapi tugas-tugas statistiknya terselesaikan. Ketika ada orang yang sibuk kerja dan tidak sempat mencuci, setrika dsb, maka laundry adalah solusinya.

Coba perhatikan disekitar Anda, apa masalah orang yang belum terselesaikan dan coba carikan solusinya.

Contohnya, baru-baru ini saya membuka bisnis baru Jaensbalitour.com , mengapa? Karena banyak pengunjung luar negeri ke Bali butuh mobil, driver, guide berpengalaman, pelayanan ramah dan selalu siap siaga. Karena tidak semua orang mampu berbahasa ingris sekaligis punya pengalaman sejarah Bali maka saya buka Tour khusus untuk keliling menikmati suasana, budaya dan keindahan Bali.

Jadi, bisnis itu sangat sederhana, lihat kebutuhan orang disekitar Anda dan penuhi kebutuhan itu. Lihat permasalahan orang disekitar Anda dan berilah solusi pada permasalahan-permasalahan tersebut.

Selamat mencoba

Jayeng saputra

www.Jaensbalitour.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *